Presiden SBY Lantik 34 Menteri dan 2 Pejabat Tinggi

Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (22/10) siang, melantik 34 menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan dua pejabat negara setingkat menteri, yaitu Kepala Unit Kerja Presiden Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di Istana Negara. Para menteri dilantik sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 84 P/2009, sementara kedua pejabat negara dilantik sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 85 P/2009 dan Nomor 86 P/2009.

Presiden SBY memimpin pengambilan sumpah. “Bahwa saya, untuk diangkat pada jabatan ini, langsung ataupun tidak langsung, dengan nama atau dalih apa pun, tidak memberikan atau menjanjikan, ataupun akan memberikan sesuatu kepada siapa pun juga. Saya bersumpah, bahwa saya, untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu, dalam jabatan ini, tidak sekali-kali menerima dari siapa pun juga, langsung atau pun tidak langsung, sesuatu janji atau pemberian,” ujar Presiden SBY diikuti para menteri.

“Saya bersumpah, bahwa saya, setia pada UUD Tahun 1945, akan memelihara Undang-undang dan peraturan yang berlaku bagi Indonesia.””Bahwa saya dengan sekuat tenaga, akan mengusahakan kesejahteraan Republik Indonesia. Bahwa saya akan setia pada nusa dan bangsa dan akan memenuhi segala kewajiban, yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan ini.”Bahwa saya, akan menjalankan tugas dan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada bangsa dan negara,” seru SBY.

Usai pengambilan sumpah, para undangan yang hadir secara bergiliran mengucapkan selamat kepada para menteri dan pejabat negara yang baru dilantik, diawali Presiden SBY dan Ibu Ani. Hadir dalam upacara pengambilan sumpah antara lain, Wapres Boediono dan Herawatie Boediono, Ketua MPR Taufik Kiemas, mantan menteri Pemberdayaan Perempuan Meuthia Hatta, mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni, dan mantan Menko Kesra Aburizal Bakrie. (osa)

http://www.presidensby.info/index.php/fokus/2009/10/22/4799.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: